AYAT AYAT PANCASILA

Isu kenaikan BBM lambat laun jadi basi, menyoroti aksi anarkis FPI bikin mumet dan tak habis pikir kenapa sampai terjadi. Mendingan posting Pancasila saja yang sampai saat ini tak tergantikan kedudukannya sebagai dasar Negara Republik yang kita cintai.

Dengan kedudukan sebagai dasar Negara, Pancasila merupakan palsafah hidup yang mestinya merambah setiap sendi kehidupan kita yang masih mengaku sebagai warga Negara Indonesia, tidak pandang bulu baik anda sebagai petani, pejabat, tentara, buruh, bloger, dll, mesti mencerminkan sendi-sendi kehidupan sebagaimana yang tersurat dalam lima butir kesepakatan yang anda miliki dengan negeri ini.

Pancasila bukanlah ayat suci yang harus disakralkan, karena Pancasila buatan manusia, akan tetapi Pancasila dirumuskan oleh pendiri bangsa ini tidak serta merta hanya berdasarkan filing, perumusannya tentu dengan medalami , memahami dan menganalisa terhadap karakter kehidupan  rakyat negeri ini terlepas dari jargon kesaktiannya.

Wacana penggantian dasar Negara selain pancasila terus bergulir dan kini bukan hal yang tabu, cotohnya pengusulan dasar Negara dengan syariat Islam. Sebagai seorang muslim tentu saya mendukung hal itu, akan tetapi bagai mana dengan teman saya yang bukan muslim ? bukankan negeri ini dihuni oleh berbagai kultur ? bukan saja keragaman umat beragama, tetapi bermacam keragaman budaya, sehingga burung garuda mencengkram Bhineka Tunggal Ika.

Mungkin pemahaman saya akan islam terlalu dangkal, yang saya ketahui islam adalah rahmat untuk semua umat, sehingga saya bertanya pada teman saya yang bukan muslim :

Bagai mana seandainya Indonesia menjadi Negara Islam ? “

Teman saya menjawab : “ Aku serahkan semuanya pada Tuhan, kalau toh Indonesia harus menjadi Negara Islam atas kehendak-Nya, saya terima saja, karena semua yang tejadi di dunia ini sudah ada yang mengaturnya “.

Sungguh sebuah jawaban yang membuat saya merenung sampai menjelang tidur, ayat-ayat Pancasila tersirat dari ucapannya.

About these ads

11 Responses to AYAT AYAT PANCASILA

  1. nenyok says:

    Salam
    waktu di SMU saya begitu mengagumi Pancasila, tapi entah sekarang kok rasanya ga ada ruhnya, ga ada efeknya sila2 itu dalam kehidupan bertanah air kita. jujur secara pribadi saya mengharapkan negeri ini diatur oleh hukum dan aturan Sang Khalik.

  2. Rita says:

    Mungkin krn dahulu ada namanya penetaran P4, dll ya??
    Ruh ikhlas-nya itu lo ya….

  3. Rita says:

    Maksudnya ruh ikhlasnya seorang non muslim, mereka pasrah, membuktikan ketaatan mereka terhadap Tuhan-nya…..

  4. pertanyaan mas ubad itu bener adanya. negeri kita sudah lama dikenal sebagai nagara multiagama dan multikultur. kalau menurut saya sih Pancasila sudah dirumuskan melalui pertimbangan yang matang berdasarkan wisdom dari pendiri negara. sayangnya, pengamalannya tereduksi akibat kebijakan rezim Orba melalui penataran P4. dalam konteks ini, islam harus makin eksis sebagai agama yang rahmatan lil alamin yang memiliki tolerani terhadap pemeluk agama lain.

  5. mafiabond says:

    pancasila kenapa aura mu hilang
    kemanakah kesaktianmu
    saya mengagumi pancasila waktu saya di sd tapi sekarang agak berkurang
    ketika saya sering lihat di tv dengan lagunya
    pancasila dasar negara
    dan blablabla………..

  6. pengalihan isu itu terjadi sadar atau tidak disadari. propaganda komunikasi politik yang lebih dominan ttg konflik itu dibanding kenaikan harga bbm. trims komentarnya ttg demokrasi malam ini saya sdg selesaikan solusinya smga dpt memecahkan masalah dmkrasi di indonesia

  7. boy hidayat says:

    Dasar pancasila. sebenarnya di ciptakan untuk menyatukan semua ummat di Indonesia, namun saya sebagai muslim tentu saja akan sangat setuju dengan syariat islam di tegakkan, asalkan benar-benar syariat islam seperti yang diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW, dalam Syariat Islam, non muslim adalah pertanggungjawaban negara syariat itu sendiri, mereka harus di lindungi, sama seperti yang muslim, diberikan hak-haknya sama seperti muslim, tidak ada yang berbeda, begitu. jadi kesatuan dan persatuan Indonesia juga bisa di aplikasikan dalam Syariat Islam

  8. ketika pancasila tak dijalankan semesetinya
    korupsi merajalela
    ketika pancasila hanya dipuja
    ah nasibmu :D

  9. linggawardanasahajakers says:

    tiada yang bisa kalahkan pancasila..

  10. Muhammad says:

    sepertinya menegakan hukum islam di Indonesia hanya akan menjadikan negri ini terpecah belah, lihat saja di negara-negara timur tengah yang berusaha menegakan syariah islam, banyak terjadi peperangan. orang-orang dari satau golongan dibunuh oleh golongan islam yang lainnya, padahal masih satu agama, apa lagi di Indonesia yang terdiri dari banyak suku dan agama, bukti kecilnya sja, setelah aceh berhasil menegakan syariah islam, kini giliran orang2 manokrawi yang gencar menjadikan kotanya sebagi kota injil. otomatis hal itu bisa mengganggu ketenangan umat islam sebagai kaum minoritas. masyarakat islam di Indonesia juga masih terlihat belum dewasa menyiikapi perbedaan, jangankan hukum islam. masalah-maslah yg fur’iyyyah seperti qunut saja masih sering diperdebatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: